Pages - Menu

Selasa, 13 Januari 2015

Obverasi Masing-masing Proker

Setelah melaksanakan FGD bersama warga, kami langsung melakukan observasi pada masing-masing proker yang kami usulkan. Masing-masing penanggung jawab proker mendatangi lapangan yang akan mereka kerjakan. Kegiatan observasi ini dilakukan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pihak yang bersangkutan. Hasil observasi dari masing-masing proker adalah sebagai berikut :
1. Para Penanggung jawab Proker yang meliputi pendidikan berupa Bahasa Inggris masuk desa, bimbel, pengenalan IT sejak dini, media belajar, penyuluhan cuci tangan dan sikat gigi yang baik langsung mendatangi SDN Karanganyar I, SDN Karanganyar II, MI Mambaul Ulum II untuk mengkonvirmasikan terhadap masing-masing kepala sekolah sekaligus meminta kritik dan saran apa saja yang diinginkan oleh pihak sekolah. Disini kami mendapat respon yang sangat baik oleh pihak sekolah, kehadiran kami dinilai sangat dibutuhkan untuk membantu pihak sekolah.

Kepala Sekolah SDN Karanganyar I menambahkan untuk membantu mereka mengajari anak-anak kelas 5 & 6 Pramuka, sebab di bulan maret akan diadakan lomba pramuka se Kabupaten Sampang. Untuk materi yang lain bapak kepala sekolah tidak ada keberatan dan menyetujuinya, dan untuk pelaksanaanya kepala sekola menyerahkan sesuai jadwal yang kami buat sendiri. Untuk sekolah yang lain juga mendapatkan respon yang sama.

2. Penanggung jawab bakti lingkungan berkeliling desa untuk mencari tempat yang dirasa membutuhkan pembersihan dan berbaikan. Dan disini kami mendapatkan 3 tempat yang menjadi sasaran bakti lingkungan yaitu SDN Karanganyar II, makam umum yang berada dibelakang rumah bapak Kades, dan Mesjid yang baru dibangun tidak lama.

3. Untuk sosialisasi pengolahan hasil pertanian kami memilih daun singkong untuk diolah menjadi dendeng, sebab daun singkong disini mudah didapat, dan tidak usah membelinya bahkan daun singkong disini dibuang percuma oleh para warga.

4. Pos daya ikan lele sudah terdapat kolamnya, sehingga kami hanya tinggal membeli bibit lele ke kota Pamekasan, namun bapak Kades berencana untuk membuatkan lagi sebuah kolam lele agar budi dayanya semakin banyak dan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

5. Untuk papanisasi, kelompok kami mendata nama setiap dusun yang akan dibuat papanisasi, dan mendiskusikan desain yang akan kami buat dengan para warga. Kami juga menanyakan seperti apa yang diinginkan oleh para warga. Warga meminta agar pondasi dibuat dari semen.

6. Penanggung jawab proker koperasi desa akan meminta bantuan pada dosen UTM demi membuat koperasi yang baik dan berjalan lancar.

Semoga kami bisa menjalankan semua proker yang telah kami susun, niat dan kerja keras telah kami mantapkan dalam hati untuk mengabdikan diri di Desa ini. Semoga teman-teman pembaca dan khususnya untuk kelompok KKN 2015 yang lain juga bisa membantu kemajuan Desa yang ditempati. Amiin..^_^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar